Pages

Minggu, 26 Januari 2014

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Kerja

Blog sumber informasi terbaru,- Mengantuk itu merupakan suatu kejadian yang wajar pada manusia. Mengantuk adalah tanda awal bahwa manusia perlu tidur dan biasanya terjadi pada malam hari, menjelang tidur. Namun begitu, kantuk juga bisa menyergap pada pagi hari maupun siang hari ketika kita beraktivitas.

Rasa kantuk yang kerap tejadi pada siang hari disebabkan oleh banyak hal, misalnya jam tidur yang kurang sehingga ketika siang hari masih ngantuk. Rasa kantuk ketika kita tengah bekerja bisa mengakibatkan otak tak bisa diajak bekerja. Kejadian ini sering dialami oleh kita ketika tengah bekerja tiba-tiba kerap menguap dan bawaannya ingin tidur. Akhirnya, cara jitu mengusir kantuk ya minum kopi karena kopi sangat efektif meredakan kantuk.

Dalam kopi terdapat kandungan kafein yang berguna mengusir rasa ingin tidur. Namun, kopi tak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan lantaran bisa merugikan kesehatan.

Penyebab Ngantuk

Kantuk ditandai dengan mulut menguap terus. Itu tandanya otak kekurangan oksigen sehingga mulut otomatis menguap guna menyedot oksigen dalam-dalam.

Manusia merupakan makhluk yang beraktivitas pada siang hari. Aktivitas manusia semuanya digerakkan oleh otak. Aktivitas dilakukan sampai setelah senja. Setelah itu, otak menjadi kelelahan dan butuh istirahat total pada malam hari. Tak heran malam hari manusia tak bisa bekerja secara maksimal karena malam adalah saatnya tidur dan mengistirahatkan otak.

Kembali ke penyebab kantuk di luar kewajaran, sangat berbahaya jika kita menyetir mobil dalam keadaan mengantuk berat. Itu bisa menyebabkan kecelakaan fatal yang merugikan diri Anda sendiri dan orang lain. Sering kita melihat  di media massa kasus kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh sopir yang mengantuk.

Setelah kita mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi penyabab ngantuk, sekarang saatnya saya berbagi tips bagaimana cara mengusir rasa ngantuk supaya anda bisa melek hehe. Ok tanpa basa-basi, silahkan simak beberapa tips jitu mengatasi ngantuk berikut ini :

Jalan-jalan ke luar
Bekerja di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda cepat merasa ngantuk. Untuk itu, anda bisa berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan baru di luar ruangan. Hal tersebut akan membuat badan Anda menjadi lebih segar.

Berolahraga Ringan
Kebanyakan orang apalagi karyawan sering meremehkan pentingnya olahraga dengan berbagai alasan seperti terlalu sibuk dengan pekerjaan dan lain sebagainya. Sehingga mereka lebih memilih untuk tidak melakukan olahraga yang jelas-jelas sangat penting. Walaupun anda sedang berada dilingkungan kantor, sebenarnya anda tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk membuat detak jantung lebih cepat. Sehingga akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh Anda. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. Anda juga bisa lari-lari di tangga kantor Anda. Lakukan sampai Anda berkeringat agar anda tidak ngantuk lagi

Olah otak / Paksa otak anda bekerja
Jika anda selalu merasa cepat ngantuk saat bekerja, mungkin itu terjadi karena otak anda dalam keadaan yang terlalu rilek. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengolah otak anda. Selain itu, Anda juga bisa adu cepat bekerja dengan karyawan lain. Sehingga otak anda akan dipaksa bekerja dan membuat tubuh anda menjadi lebih bersemangat
Dinginkan kepala Anda
Selain ketiga tips diatas anda juga dapat meminum air dingin (ES) yang ditambahkan lemon tanpa memakai gula sedikitpun. Coba deh bayangin, udah dingin, asem lagi, jika anda meminumnya saya yakin anda tidak akan ngantuk lagi. Kemudian anda juga bisa mencipratkan sedikit airnya ke wajah Anda. Cara lainnya, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan, dahi atau dipundak Anda.

Ngemil Saat Kerja? Why not?
Anda juga bisa menjaga kondiri tubuh anda agar tidak cepat ngantuk dengan ngemil. Tapi ingat hindari makanan berat atau cemilan yang rasanya terlalu manis. Selain buah-buahan, makan rujak pedas juga bisa bikin Anda melek atau bisa juga makan buah-buahan yang rasanya super asem.

Pompa adrenalin
Masih ngantuk juga? mungkin anda bisa mencoba tips selanjutnya. tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja, saya yakin Anda sudah tak mengantuk lagi.

Cobalah Ganti posisi tubuh Anda

Jika anda masih ngantuk juga, mungkin posisi duduk Anda yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisamencba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi. Selain itu anda bisa berjalan sambil ke toilet mungkin untuk sekedar cuci muka.

Gunakan Wangi-wangian
Anda juga bisa mencoba cara berikut ini. Bawalah selalu parfum, jika anda ngantuk anda bisa menglekan parfum tersebut di pergelangan tangan anda atau di awah hidung anda Hindari wangi lavender, karena Anda akan lebih ngantuk dibuatnya. simple kan?

Menari
Jika ngantuknya gak mau ilang juga, anda bisa melakukan hal konyol ini. Pakai headphone, dengarkan lagu favorit Anda dan menarilah sepuasnya selama 10 menit. Beberapa orang pasti menertawakan Anda, tapi rasa malu itu justru akan membantu mata Anda melek lagi. Hayo berani coba gak?

Bercanda
Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, buka situs youtube tonton video lucu dan tertawalah dan anda tidak akan ngantuk lagi!

Itulah beberapa informasi dan tips dan blog informasi terbaru, terus ikuti update beritanya dan mudah-mudahan bermanfaat.

Simak artikel lainnya :
peluang jokowi jadi capres favorit

1 komentar:

  1. Tips yang sangat bermanfaat , terutama bagi saya yang selalu merasakan rasa kantuk yang tidak wajak
    #wkwkwkwkwk

    BalasHapus